Macam Macam Jenis Tanaman Hias Daun Indoor dan Outdoor Yang Terlaris Dan Terpopuler

Ada banyak sekali aneka jenis tanaman hias yang bisa kita pilih untuk digunakan sebagai hiasan untuk mempercantik rumah hunian. Tanaman hias tersebut bisa anda jadikan tanaman hias indoor yang diletakkan di dalam rumah atau bisa juga dijadikan tanaman hias outdoor yang ditanam di taman rumah anda. Tanaman hias diklasifikasikan atas tanaman hias daun dan tanaman hias bunga, pemilihan tanaman hias disesuaikan dengan selera dan kecocokan dengan desain rumah anda.
Sebagian besar dari anda pasti bingung menetapkan pilihan jenis tanaman hias apa yang cocok untuk di tanam di dalam rumah ataupun di taman. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan pemahaman dan pengetahuan anda mengenai jenis tanaman hias. Karena keterbatasan itu pula, sebagian besar orang menanam tanaman hias tanampa mempertimbangkan jenis tanaman hias yang pas untuk taman.
Tanaman hias dibedakan kedalam dua kelompok, yakni jenis tanaman hias daun dan jenis tanaman hias bunga. Tanaman hias daun adalah jenis tanaman hias yang memiliki bentuk daun, corak, dan warnanya yang indah. Sedangkan jenis tanaman hias bunga memiliki keindahan pada kecantikan bunga dan keindahan warna bunganya.
Setelah sebelumnya telah diberikan rekomendasi 6 tanaman hias bunga yang cantik, nah pada postingan ini akan diulas mengenai tanaman hias daun indoor dan outdoor.

Jenis-Jenis Tanaman Hias Daun Indoor

1. Lidah Buaya (Aloe Vera)
tanaman-hias-daun-lidah-buaya
Lidah Buaya (Aloe Vera)
Tanaman hias daun ini memiliki nama latin Aloe vera, dan di Indonesia dikenal dengan sebutan lidah buaya. Tanaman ini memiliki fungsi ganda, bisa dijadikan sebagai tanaman hias daun didalam rumah, ataupun sebagai tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka dan saat ini juga telah dikembangkan sebagai bahan industri kosmetik, farmasi, dan makanan-minuman kesehatan. Tanaman ini juga ternyata mempunyai kemampuan untuk menyerap polutan. Aloe vera mampu menetralisir racun benzena, formaldehida (formalin), dan berbagai bahan kimia lainnya, sehingga akan membuat udara di rumah anda menjadi sejuk dan sehat untuk dihirup.
2. Kuping Gajah (Anthurium)
tanaman-hias-daun-kuping-gajah
Kuping Gajah
Anthurium atau yang banyak dikenal sebagai daun kupin gajah adalah tanaman hias daun yang cukup populer untuk dijadikan sebagai tanaman hias indoor. Hampir sebagian besar rumah yang memiliki tanaman hias di bagian dalamnya adalah dari jenis tanaman hias ini. Bentuk daunnya yang lebar dan menyerupai telinga gajah adalah alasan mengapa kemudian disebut sebagai Tanaman Kuping Gajah.
Warna daun dari tanaman hias daun kuping gajah adalah berwarna hijau tua dengan urat-urat hijau muda keputih-putihan. Tanaman ini memiliki daya pikat yang berasal dari bentuk-bentuk daunnya yang istimewa. Perawatan tanaman ini juga terbilang lebih mudah, karena perhatian cenderung hanya tertuju pada daunnya saja. Anthurium hanya membutuhkan sedikit sinar matahari.
3. Calathea
tanaman-hias-daun-calathea
Calathea
Tanaman yang satu ini memiliki warna daun yang belang-belang, hal inilah yang ditawarkan dari tanaman hias Calathea untuk mempercantik rumah anda. Beberapa jenis dari tanaman hias Calathea yang menjadi favorit adalah calathea lutea, violacea, dan lainnya. Tetapi yang paing disukai oleh banyak orang adalah jenis bunga calathea makoyama, ketika anda melihat bunga ini anda seakan-akan seperti melihat bulu merak karena terdapat garis-garis pada daunnya yang menyerupai bulu pada burung merak.
4. Dieffenbachia 
tanaman-hias-daun-dieffenbachia
Dieffenbachia
Dieffenbachia merupakan tanaman hias jenis daun yang mempunyai corak hijau, kuning serta terdapat spesies yang memiliki warna hijau dengan bercak putih. Proses pengembang biakan tanaman hias yang satu ini cukup mudah, cara yang anda dapat lakukan adalah dengan melakukan penyetekan pada batangnya. Tanaman hias ini harus anda letakkan di dalam rumah pada tempat yang jauh dari jangkau anak-anak, karena daunnya memiliki getah yang bisa membuat anda gatal
5. lili paris
tanaman-hias-daun-lili-paris
lili paris
Tanaman hias lili paris adalah jenis tanaman hias yang cantik  dan dapat anda jadikan tanaman hias indoor . Bentuknya yang menarik dengan bunga putih membuat tanaman hias yang satu ini akan terlihat semakin indah.
Tanaman lili paris masuk dalam jenis tanaman semak yang biasanya digunakan untuk border, maupun listing, namun tanaman hias ini juga akan cocok menghiasi ruangan anda. Lili paris adalah tanaman yang berasal dari Afrika Selatan. Tanaman lili paris juga akan cocok di gunakan sebagai tanaman huias gantung.
6. Spider Plant
tanaman-hias-daun-spider-plant
Spider Plant
Pilihan tanaman hias indoor yang terakhir adalah tanaman hias Spider Plant. Tanaman ini aslinya berasal dari daerah afrika kemudian menyebar keseluruh penjuru dunia. Tanaman ini dapat anda manfaatkan sebagai tanaman hias  pembersih udara diruangan karena dapat ditanam pada media pot.

Jenis-Jenis Tanaman Hias Daun Outdoor

1. Palem Kuning
tanaman-hias-daun-palem-kuning
Palem Kuning
Tanaman outdoor yang pertama adalah palem kuning. Palem kuning banyak disuka oleh pecinta tanaman hias untuk diletakkan di dalam rumahnya. Palem jenis ini dapat bertahan hingga umur 1 minggu didalam ruagan, sehingga jenis bunga ini akan sangat cocok untuk menghias ruangan anda. Taaman palem sangat cocok di iklim tropis dan subtropis yang unik dari tanaman ini mampu ditanam ditempat teduh maupun dibawah sinar matahari langsung.
2. Suplir
tanaman-hias-daun-suplir
Suplir
Tanaman hias daun yang satu ini memiliki habitat asli di pinggir-pinggir sungai yang ternaung pepohonan, karena itu suplir membutuhkan sedikit cahaya untuk bisa tumbuh dengan baik. Karena itu, tempatnya harus teduh contohnya di dalam rumah. Jenis tanaman ini juga tidak terlalu banyak membutuhkan air, asal lembab dan tidak basah, tetapi juga tidak kering.
3. Tanaman Sri Rejeki atau aglonema
Tanaman hias daun aglaonema
Aglaonema
Tanaman hias aglaonema mempunyai bentuk daun yang lonjong  dan berwarna hijau, dihiasi bintik-bintik, garis, atau ban berwarna abu-abu keperakan. Nama lain dari tanaman hias daun ini adalah Sri rejeki. Tanaman  ini mudah ditanaman tanpa perawatan intensif, tapi membutuhkan cahaya yang tidak langsung dan lingkungan yang lembab. Ada banyak jenis dari tanaman aglaonema ini dengan berbagai corak warna yang menawan.
Dalam merawat tanaman ini, anda perlu berhati-hati jika ruangan terlalu panas dan kering di musim kemarau karena daun Sri Rejeki sangat mudah layu, sehingga bagian yang layu harus dibuang. Tanaman ini juga tidak tahan terhadap uap air dari dapur dan asap rokok. Selain itu, daun segar yang sudah tua juga perlu dipangkas.
4 .  Keladi Red Star (Caladium Bicolor)
tanaman-hias-keladi-red-star
Keladi Red Star
Keladi Red Star kecantikannya adalah pada urat daunnya yang berbentuk bintang dan berwarna merah cerah, tangkai daunnya berwarna agak kemerahan (pink) dengan belang-belang hitam.
Keladi hias termasuk tanaman yang mudah ditanam, tanaman hias ini cepat berkembang asal media tanamnya tetap dijaga lembab.Tanaman ini sebaiknya diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari penuh, agar warna merah pada urat daunnya menguat.
Untuk penyiraman cukup disiram sekali dalam sehari. Penyiraman harus ke medianya, jangan ke daun. Dengan media yang basah (lembab), keladi akan tumbuh cantik, lebar, dan warna pada daunnya akan lebih keluar. Media biasanya memakai sekam atau cocopeat. Jangan memakai tanah karena akar sulit untuk menembusnya.
5. Paku Tanduk atau Simbar Menjangan
tanaman-hias-paku-tanduk
Paku Tanduk
Paku Tanduk Rusa (Platycerium) merupakan salah satu genus tumbuhan paku yang memiliki kurang lebih 18 jenis tanaman. Kesemuanya adalah epifit (akar melekat di batang pohon) yang mempunyai tampilan yang unik dikarenakan memiliki dua tipe daun dengan fungsi dan bentuk jelas berbeda.
Ada Dua tipe daun untuk Tanaman Paku Tanduk, Yaitu :
  • Tipe pertama adalah tanaman paku yang selalu steril dan berbentuk perisai tegak, mengering pada kondisi kurang air, fungsinya mengumpulkan dedaunan kering dan penangkap air, sehingga kelembaban bagi rimpang terjaga.
  • Tipe kedua adalah tanaman paku yang menjuntai dari “pusat” daun tipe pertama dengan bentuk menyerupai tanduk rusa (walaupun ada beberapa jenis yang tidak demikian), fungsinya sebagai pembawa spora yang terletak di sisi bawah daun, panjang daun yang menjuntai dapat mencapai satu meter atau lebih.
Tanaman hias daun paku,  biasanya juga disebut sebagai Simbar Menjangan, dimana tanaman ini dapat anda jumpai tumbuh secara liar di semua daerah tropis dunia (dari Malaysia sampai Polynesia). Tanaman hias Daun ini biasa ditempel di pohon atau digantungkan untuk memberikan kesan alami pada taman.
Tempat yang disukai oleh tanaman paku yakni pada tempat yang cukup teduh, yang tidak langsung memperoleh sinar matahari. Anakan yang tumbuh dapat dipisah dari induknya secara hati-hati dan ditempelkan pada tempat lain
6. Palem Zamia
tanaman-hias-daun-palem-zamia
Palem Zamia
Tanaman palem atau yang dikenal dengan nama Arecaceae atau Palmae, juga merupakan tanaman hias outdoor yang cukup populer dan sangat mudah untuk dipelihara. Palem adalahn tanaman hias yang mudah untuk dipelihara. Tanaman ini juga bermanfaat untuk membersihkan udara di rumah anda selain fungsinya sebagai tanaman hias untuk mempercantik rumah.

Comments

  1. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete

Post a Comment